Tips Belajar Super Efektif yang Sebaiknya Anda Lakukan

Tips Belajar Super Efektif yang Sebaiknya Anda Lakukan



Beberapa diantaranya mungkin menemukan tips-tips tertentu yang berhasil mengatasi kesulitan belajar, namun sebagian orang mungkin gagal menemukan cara belajar yang efektif.
 Untuk itu, bagi Anda yang ingin meningkatkan prestasi belajar, namun mengalami kesulitan belajar, Anda dapat melakukan beberapa tips belajar super efektif seperti berikut ini.
 
Belajar Super Efektif
 Ada 3 tahap yang perlu Anda dilakukan agar dapat belajar secara efektif, yaitu tahap sebelum belajar, saat belajar, dan setelah belajar.
 
1. Tahap Sebelum Belajar
 Agar waktu belajar Anda efektif, maka sebelum belajar Anda perlu melakukan hal-hal sebagai berikut:
a. Jauhkan dari alat-alat elektronik, seperti handphone.
 
 
 
 Tips belajar yang pertama adalah jauhkan handphone. Ketika di dekat tempat belajar Anda terdapat handphone, secara otomatis konsentrasi Anda akan terpecah, sehingga sulit untuk berfokus pada materi belajar. Nah, kecuali jika Anda memanfaatkan alat elektronika sebagai media belajar.
 
b. Lakukan jalan-jalan
 Sebelum mulai belajar, alangkah baiknya lakukan jalan-jalan beberapa saat untuk melancarkan peredaran darah. Ketika peredaran darah Anda lancar, maka Anda akan rileks dan tenang untuk memulai belajar.
c. Siapkan air putih
 Siapkan sebotol air minum agar Anda tidak dehidrasi ketika sedang belajar. Disela-sela waktu belajar Anda, jangan lupa sesekali minum air putih. Selain mengatasi rasa haus, dengan meminum air putih pikiran akan sedikit fresh lagi.
 
d. Siapkan cemilan
 Menyiapkan cemilan, bukan berarti sepanjang waktu belajar, Anda harus makan terus menerus. Gunanya cemilan adalah ketika Anda mulai lapar dan lelah, beristirahatlah beberapa saat untuk ngemil dan kemudian lanjutkan belajar.
 
e. Siapkan ruang belajar
2. Tahap Saat Belajar
 Cara belajar tahap kedua adalah saat belajar. Saat belajar yang perlu Anda lakukan:
 
a.     Jangan membaca materi pelajaran seperti membaca novel
 
 Artinya, ketika Anda membaca buku pelajaran, jangan membaca semua dari awal hingga akhir. Bacalah bab-bab yang sesuai dengan materi yang Anda butuhkan.
 
b. Baca sekilas
 Jika Anda membaca semua tulisan dalam satu buku, maka Anda akan membutuhkan waktu yang lama. Tips belajar yang efekif adalah membaca sekilas atau membaca rangkuman.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Leave a Reply

Close Menu