Kondisi Siswa

Kondisi Peserta Didik  :

Ada dua faktor kondisi yang mempengaruhi peserta didik  yakni :

A. Kondisi Internal adalah kemampuan yang telah ada pada diri individu sebelum ia mempelajari sesuatu yang baru yang dihasilkan oleh seperangkat proses transfromasi.  Faktor ini meliputi Faktor Fisiologis dan Faktor Psikologis:

a. Faktor Fisiologis adalah faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu , dan faktor ini dibedakan menjadi 2 macam :

  • Keadaan Tonus Jasmani umumnya sangat mempengaruhi aktivitas belajar anak, apabila kondisi fisik sehat dan bugar akan memberikan pengaruh positif dalam kegiatan belajar anak dan sebaliknya.
  • Keadaan fungsi jasmani selama dalam proses belajar berlangsung, peran daripada fungsi fisiologis sangat mempenagaruhi hasil belajar terutama panca indra.

b. Faktor Psikologis adalah Faktor yang berhubungan dengan keadaan psikologis seseorang yang dapat mempengaruhi proses belajar. Terdapat beberapa faktor psikologis yang utama adalah Kecerdasan Siswa, Motifasi, Minat, Sikap dan Bakat.

B. Kondisi Eksternal adalah situasi perasang diluar diri si belajar

Karakteristik  Peserta Didik

  1. Karakteristik atau keadaan yang berkenaan dengan kemampuan awal siswa misalnya adalah kemampuan intelektual, Kemampuan berfikir , dll.
  2. Karakteristik atau keadaan siswa yang berkenaan dengan latar belakang dan status sosial
  3. Karakteristik atau keadaa siswa yang berkenaan dengan perbedaan-perbedaan kepribadian seperti sikap,perasaan, minat, dll.