Deretan Peluang Bisnis di Bidang TKJ, Apa Saja?

Deretan Peluang Bisnis di Bidang TKJ, Apa Saja?

Deretan peluang bisnis di bidang TKJ ini bisa dicoba setelah lulus dari jenjang SMK dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Pasalnya, banyak yang belum tahu bahwa lulusan TKJ sebenarnya memiliki banyak keuntungan. 

Selain bisa kerja di berbagai lembaga pemerintahan maupun swasta, lulusan TKJ juga dapat mencoba peluang bisnis. Hal ini karena lulusan TKJ umumnya memiliki skill yang tidak banyak orang lain bisa lakukan.

Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini semakin mengarah kepada hal yang bersifat digital, maka sebetulnya para lulusan TKJ tidak perlu terlalu khawatir akan pekerjaan yang bisa diterimanya nanti. Sebab, baik peluang pekerjaan maupun usaha mereka justru semakin terbuka luas karena perkembangan teknologi yang memihak mereka.

1. Jasa service komputer dan laptop

Peluang bisnis pertama adalah membuka jasa service komputer dan laptop. Namun biasanya ada yang sekaligus membuka toko penjualan sambil melayani service.

Adapun untuk service sendiri yang paling penting yaitu memiliki skill yang mumpuni. Kemampuan melakukan trobleshooting akan menjadi senjata utama dalam Anda menjalankan bisnis.

Service komputer dan laptop juga termasuk dalam kategori usaha dengan modal kecil, karena modal cukup beli satu kali dan bisa digunakan berkali-kali. Penting dicatat, sama dengan bisnis jasa lainnya, kunci sukses dalam bisnis ini pun tergantung pada pelayanan Anda. Selama service komputer dan laptop Anda memuaskan, maka tentunya akan mudah mendapatkan pelanggan dan kemudian bisa mendapatkan banyak omzet serta penghasilan. 2. Toko penjualan komputer dan laptop

Peluang bisnis ini bisa dilakukan oleh orang yang paham di bidang TKJ. Sebab, lulusan TKJ pasti mengerti kebutuhan mengenai dunia komputer meliputi alat alat apa saja. Selain itu, Anda bisa menjual berbagai macam jenis komputer dan laptop. Jangan lupa untuk menjual aksesorisnya juga.

Untuk memaksimalkan penjualan, jangan lupa untuk membuka toko online selain berjualan dari toko offline. Karena saat ini banyak orang yang mau membeli aksesoris komputer atau laptop secara online.

Selain itu, Anda juga bisa memasarkan komputer dan laptop yang Anda jual di beberapa marketplace. Selain itu, jual juga di website toko komputer milik Anda. Selama terus melakukan update pada teknologi terbaru dan menjual dengan harga terbaru pastinya bisa sukses dalam bidang yang satu ini. 

3. Jasa kursus komputer

Peluang bisnis selanjutnya membuka jasa kursus komputer. Kursus komputer dengan memberikan edukasi berbayar kepada siapa saja yang mau belajar mengenai komputer. Seperti diketahui, kursus komputer ini sendiri juga ada banyak jenisnya. 

Jadi, sesuaikan dengan keahlian yang bisa Anda ajarkan dalam kursus. Kalau untuk SD, SMP dan SMK, biasanya mereka butuh kursus microsoft office dan juga beberapa skill dasar komputer.

Namun, untuk jenjang selanjutnya akan lebih banyak lagi jenisnya, seperti kursus desain grafis, pembuatan aplikasi, autocad dan masih banyak lagi.

4. Jasa instalasi internet dan wifi 

Lulusan TKJ juga bisa mencoba peluang bisnis jasa instalasi internet dan wifi yang saat ini masih banyak dilakukan di rumah-rumah. Nah dari sinilah, peluang usaha untuk mendirikan provider internet dan jasa instalasi tersedia bagi Anda yang ahli dalam bidang TKJ.

Anda bisa melakukannya dengan mendirikan provider sendiri atau bisa juga dengan menjadi mitra dari provider yang sudah ada. Sebab, biasanya lulusan TKJ pasti paham bagaimana melakukan instalasi internet dan wifi di rumah-rumah. 

Selain itu, Anda juga bisa bermitra dengan pihak-pihak penyedia internet. Biasanya, sistemnya adalah reelance dengan bayaran komisi setiap satu kali pasang. Jadi, semakin banyak job pasang yang terselesaikan, pastinya akan semakin banyak uang yang Anda dapatkan. 

5. Jasa pengetikan artikel 

Peluang bisnis jasa pengetikan artikel bisa Anda lakukan secara offline maupun secara online. Membuka jasa pengetikan secara offline biasanya melayani masyarakat, anak sekolah dan juga instansi-instansi di sekitar Anda. 

Sementara, untuk jasa pengetikan secara online yang paling banyak pengetikan untuk keperluan konten website.

Namun, untuk sukses dalam jasa pengetikan ini tidak cukup dengan bisa mengetik saja. Namun juga harus bisa membuat artikel. Dengan begitu, apabila ada pemesanan pembuatan artikel maka Anda juga bisa menanganinya dengan baik.

Demikian ulasan deretan peluang bisnis di bidang TKJ. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

terimakasih

Editor : Ridho Alif

Leave a Reply

Close Menu