Pengaruh Teknologi Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Pengaruh Teknologi Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa








Pengaruh Teknologi Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa
 
A. Pengaruh positif teknologi internet
 Manfaat metode sistem IT akan mendukung keberhasilan pembelajaran siswa. Sehingga siswa dapat meraih prestasi belajar yang optimal. Dalam hal ini, kelebihan-kelebihan teknologi internet diantaranya:
 
 
1. Memberikan pemahaman materi pembelajaran
Akses internet yang mudah sangat membantu anda dalam mencari bahan materi pembelajaran. Walau saat ini banyak buku-buku yang menyajikan materi-materi pembelajaran, namun internet menjadi salah satu pilihan pencari materi selain buku.
 
 Apa yang siswa cari bisa langsung muncul sesuai keinginannya. Sehingga lebih efisien waktu dan siswa dapat dengan mudah memahami materi tersebut. Yang mana saat ini kebanyakan siswa malas untuk membaca buku, mencari bahan materi pembelajaran di internet bisa menjadi alternatif.
 
 
Media yang diberikan juga sangat beragam, sehingga siswa tidak


mudah jenuh seperti pembelajaran dalam bentuk video. Siswa juga bisa mendapatkan pemahaman lebih ketimbang saat di kelas bersama teman-temannya.
 
2.        Dapat menjelaskan materi pembelajaran atau objek yang abstrak
 
Media yang tersedia saat pembelajaran di kelas tentu terbatas pada masing-masing sekolah itu sendiri. Teknologi internet ini mempermudah penyampaian materi sehingga siswanya dapat paham apa yang dijelaskan gurunya.
Contohnya saat pembelajaran mata pelajaran Sains bab peredaran darah dan organ-organ tubuh manusia, tentunya siswa dapat melihat proses peredaran darah itu seperti apa dan organ-oragn manusia itu bentuknya bagaimana.
 
3. Membantu pengajar mempermudah penjelasan materi
 Guru-guru pengajar akan lebih mudah memberikan penjelasan materi yang sulit dan rumit menjadi lebih mudah dan sederhana. Materi yang disampaikan dengan penjelasan yang mudah pasti akan dipahami siswa dengan baik, sehingga materi tersebut akan mudah diingat dan dapat diungkapkan kembali.
 
 Proses pembelajaran akan terlihat menarik karena tidak melulu menggunakan media buku seperti biasanya. Hal itu juga akan memunculkan perhatian, minat, motivasi dan kreativitas siswa.
 
4. Materi pembelajaran yang sudah dipelajari dapat diulang kembali
 Materi-materi yang telah dipelajari siswa dapat disimpan dan diputar ulang saat siswa perlu belajar materi itu kembali. Misalnya menggunakan rekaman video, tape recorder, atau televisi.
5. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
 Saat siswa belajar dengan media internet, mereka akan lebih antusias. Sehingga proses belajar bisa berjalan lancar dan siswa pun dapat dengan mudah menerima materi yang diberikan.
 


 

Leave a Reply

Close Menu