Cara Mencegah Komputer agar Tidak Terkena Virus

Cara Mencegah Komputer agar Tidak Terkena Virus

Komputer atau laptop merupakan alat teknologi yang saat ini banyak membantu pekerjaan manusia baik pekerja kantoran maupun pelajar. Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa hingga saat ini komputer menjadi salah satu gaya hidup yang modern.Namun seringkali virus muncul sehingga dapat merusak komputer atau laptop. Virus yang ada merupakan kumpulan kode yang dibuat dengan tujuan merusak perangkat.Komputer atau laptop merupakan alat teknologi yang saat ini banyak membantu pekerjaan manusia baik pekerja kantoran maupun pelajar. Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa hingga saat ini komputer menjadi salah satu gaya hidup yang modern.

Tidak hanya itu virus dapat menghapus data dan mencuri data dari komputer yang terserang virus. Terdapat banyak jenis dari virus komputer atau laptop.Namun semua jenis tersebut sama bahayanya dan bahkan ada virus yang dengan cepat melumpuhkan sebuah komputer yang terjangkit.Tidak hanya itu virus dapat menghapus data dan mencuri data dari komputer yang terserang virus. Terdapat banyak jenis dari virus komputer atau laptop.

Untuk itu, perlu diketahui cara mengatasi atau mencegahagar terhindar dari virus. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?Oleh sebab itu, sudah menjadi seharusnyauntuk berusaha mencegah komputer terjena dari virus. Berikut adalah beberapa cara mencegah computer terkenavirus

1.Memasang Sistem Antivirus dan Update Secara Berkala

Antivirus menjadi salah satu aplikasi yang wajib untuk dipasang para pengguna komputer atau laptop. Pada umumnya, antivirus ini berisi daftar-daftar virus yang dapat membahayakan dan memberantakanperangkat dalam waktu yang sama.Dengan memasang antivirus, maka komputer Anda akanlebih aman dari virus-virus jahat. Anda dapat memilihsatu dari antivirus yang terkenal, salah satunya yaitu Antivirus asal Indonesia, Smadav

2.Waspada saat Sedang Menjelajah Situs di Internet

Internet menjadi salah satu terjadinya serqngan virus komputer. Untuk itu baiknya untuk Anda harus tetap berhati-hati ketika sedang mejelahahi situs yang ada di internet.Bahkan, tidak jarang munculnya iklan-iklan di internet yang ada di manan-mana, iklan tersebut menjadi salah salah satu munculnya virus. Maka karena itu, pastikan tidak asal klik pada sebuah iklan.

3.Jangan Gunakan Jaringan Terbuka

Jaringan terbuka atau yang dimaksud adalah jaringan Wi-Fi tanpa kata sandi atau password. Jika kamu menggunakan jaringan Wi-Fi tanpa password, maka patut dicurigai.Hal ini karena bisa jadi jaringan Wi-Fi tersebut sengaja dipasang oleh para peretas untuk menyebarkan virus kekomputer kamu. Jadi. jika kamu sedang berada di kafe, airport, ataupun berbagai tempat umum lainnya, pastikanjaringan Wi-Fi di tempat itu aman.

4.Berhati-hati Saat Menggunakan USB

Berhati-hati Saat Menggunakan USB.Saat ini, USB menjadi salah satu perangkat untukmenyimpan data yang sangat praktis. Namun, ternyataperangkat tersebut mudah memicu terjadi virus pada komputer atau laptop.Jadi perlu bagi Anda unutk berhati-hati dalammenggunakan USB. Saat ingin melakukan penyipanandari USB teman, sebaiknya setelah melakukanpenyimpanan pastikan USB yang masuk ke dalamkomputer atau laptopmu tetap bebas dari segala virus.

5. Waspada Saat Membuka E-mail Attachment dari Pengirim Tak Dikenal

Sering kali, Anda menemukan email dengank attachment atau lampiran pada tubuh email tersebut. Anda perluuntuk tetap berhati-hati dalam membuka lampirantersebut, karena bisa jadi email attachment ini adalah virus.

Editor :Terry Handrix Kavabi

Leave a Reply

Close Menu