4 HAL YANG KAMU PELAJARI DI SMK JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

4 HAL YANG KAMU PELAJARI DI SMK JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Kuningan, Ditjen Vokasi – Di sini siapa yang tidak mengenal komputer dan laptop, sepertinya hampir sebagian besar manusia di muka bumi telah mengenalnya. Bukan sesuatu yang besar karena sekarang kita hidup di era yang serba modern di mana teknologi merajai semuanya.

Komputer ataupun laptop yang kita pegang ini erat kaitannya dengan Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Jurusan TKJ adalah satu jurusan yang mempelajari seluruh seluk beluk komputer dan jaringannya. Secara garis besar, jurusan ini akan mengajarkan terkait perakitan, pemasangan, perbaikan, dan jaringan komputer. Jurusan TKJ dapat dijumpai di SMK di seluruh Indonesia.

Lalu sebenarnya apa saja yang akan kita pelajari apabila kita mengambil Jurusan TKJ. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa jurusan ini erat kaitannya dengan perakitan. Perakitan sebuah komputer tidak boleh dilakukan sembarangan. 

“Siswa Jurusan TKJ akan belajar terkait komponen-komponen penyusun komputer, cara merakit komputer yang baik dan benar, mengonfigurasi komponen komputer, menguji hasil perakitan, sistem operasi,” tutur Dian Sudiana, Guru Jurusan TKJ, SMK Pertiwi Kuningan.

Tidak hanya belajar terkait komputer saja, pada jurusan ini siswa juga akan belajar terkait jaringan. Setelah katam dalam hal merakit dan menginstal, siswa akan belajar berbagai jaringan komputer dan belajar membuat jaringan.

Materi ketiga yang dipelajari setelah dua materi sebelumnya ialah materi pemrograman website. Di sini siswa akan belajar tentang bagaimana cara membuat website, membuat tabel dan link, belajar HTML, CSS, PHP, dan MySQL.

Materi keempat yang dipelajari oleh Jurusan TKJ ialah sistem operasi jaringan. Materi ini cukup dalam dipelajari oleh siswa SMK Jurusan TKJ. Nah, pada materi ini siswa akan belajar menyusun kebutuhan server, merakit server, memasang sistem operasi jaringan untuk server, mengadministrasikan server jaringan. Tidak hanya itu saja, siswa juga akan belajar tentang cara backup dan restore server, troubleshooting server, dan membuat layanan jaringan, seperti server DNS dan server DHCP. 

“Seru belajar di Jurusan TKJ, karena kita bisa belajar merakit laptop sendiri, tidak hanya itu saja karena kami di sini pun belajar terkait jaringan-jaringan juga. Selain itu, kita juga mendapatkan tambahan ilmu melalui magang di industri terkait,” ujar Randi Saputra, Siswa Jurusan TKJ, SMK Pertiwi Kuningan.

Bagaimana setelah tahu materi yang didapatkan oleh siswa SMK Jurusan TKJ menarik kan kedengarannya. Tertarik dengan jurusan ini, yuk segera saja daftar di SMK dengan mengambil Jurusan TKJ.

Editor : Husain Dhani

SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,

Leave a Reply

Close Menu