Selamat Hari Pendidikan Nasional – 2022

Selamat Hari Pendidikan Nasional – 2022

Bogor (26/4) Pada hari ini 60 tahun yang lalu tanggal 26 April 1959 Bapak Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau yang lebih dikenal dengan Bapak Ki Hajar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, meninggal dunia di Ygyakarta dalam usia 69 tahun dan dimakamkan di Taman Wijaya Brata. Indonesia kehilangan sosok pelopor pendidikan nasional yang sangat sederhana yang mampu menghadirkan pendidikan bagi kaum pribumi. Ki Hajar Dewantara melahirkan sistem pendidikan nasional bagi kaum pribumi dengan nama Taman Siswa.

Perguruan Taman Siswa berdiri pada tanggal 3 Juli tahun 1922 di Yogyakarta. Taman Siswa ini mengajarkan kepada pribumi tentang pendidikan untuk semua yang merupakan realisasi gagasan dia bersama-sama dengan temannya di Yogyajarta. Sekarang Taman Siswa mempunyai 129 sekolah cabang di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Ki Hajar Dewantara merupakan Mentri Pengajaran pertama Kabinet Presiden Soekarno yang kemudian menjadi Kementrian Pendidikan dan Pengajaran dan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. Ki Hajar Dewaqntara juga merupakan Pahlawan Nasional yang ke-2 yang ditetapkan Presiden pada  tanggal 28 November 1959 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959.

Semoga dengan lebih mengenal sosok Ki Hajar Dewantara, kita bisa menjadi penggerak pendidikan bagi semua di Indonesia.

Sumber : https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/muspres/ki-hajar-dewantara/

Leave a Reply

Close Menu